Lingkungan bisnis adalah segala
sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau
perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam
perusahaan (intern), namun juga dari luar (ekstern).
Oleh karena itu, lingkungan bisnis
diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu :
Lingkungan Internal
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Lingkungan Eksternal
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.
A. LINGKUNGAN INTERNAL
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh
beberapa factor, yaitu :
Tenaga kerja (Man)
Modal (Money)
Material / bahan baku (Material)
Peralatan/perlengkapan produksi
(Machine)
Metode (Methods)
Lingkungan internal ini biasanya
digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui
Weakness (kelemahan) perusahaan.
B. LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan eksternal dibagi menjadi
2, yaitu :
Lingkungan Mikro, dimana perusahaan
dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty
(peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
Pemerintah
Pemegang saham
(shareholders)
Kreditor
Pesaing
Publik
Perantara
Pemasok
Konsumen
Pemerintah
Pemegang saham
(shareholders)
Kreditor
Pesaing
Publik
Perantara
Pemasok
Konsumen
Lingkungan Makro,dimana perusahaan
hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
Lingkungan ekonomi
Lingkungan teknologi
Lingkungan politik-hukum (pemerintahan)
Lingkungan sosial kultur
Lingkungan global
Lingkungan bisnis
Teknologi dan informasi
Lingkungan ekonomi
Lingkungan teknologi
Lingkungan politik-hukum (pemerintahan)
Lingkungan sosial kultur
Lingkungan global
Lingkungan bisnis
Teknologi dan informasi
Selanjutnya, untuk mendalami
bagaimana lingkungan bisnis dalam perusahaan, Anda dapat mendownload file
presentasi yang berisi contoh analisa lingkungan internal dan eksternal
perusahaan pada link di bawah ini :
Lingkungan Bisnis adalah faktor-faktor yang berada
diluar jangkauan perusahaan yang dapat menimbulkan suatu peluang atau ancaman.
- Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan.
Faktor Lingkungan Bisnis :
1. Lingkungan Mikro Bisnis
adalah para pelaku yang secara langsung berkaitan dengan lingkungan yang mempengaruhi perusahaan.
2. Lingkungan Makro (lingkungan umum)
adalah kekuatan-kekuatan yang timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional perusahaan.
Lingkungan Makro terdiri dari :
A. Faktor Ekonomi
Terdiri dari :
- siklus ekonomi
- gejala inflasi dan deflasi
- kebijaksanaan moneter
- neraca pembayaran
B. Faktor Demografi
Terdiri dari :
- Perubahan jumlah penduduk akan mempengaruhi permintaan
- Perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk sesuai dengan perubahan umurnya.
- Distribusi pendapatan
- Tingkat pengangguran
C. Faktor Geografi
Faktor geografi juga penting diamati oleh perencana strategi, untuk menentukan peluang dan ancaman perusahaan.
D. Faktor Teknologi
Perubahan teknologi membawa pengaruh terhadap perkembangan perusahaan.
E. Faktor Pemerintah
Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambata/ancaman bagi perusahaan.
F. Faktor Sosial
Sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khususnya langganan dan karyawan.
G. Faktor Politik
- pengaruh yang bersumber dari kekuatan politik
- perbedaan ideologi
- Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan.
Faktor Lingkungan Bisnis :
1. Lingkungan Mikro Bisnis
adalah para pelaku yang secara langsung berkaitan dengan lingkungan yang mempengaruhi perusahaan.
2. Lingkungan Makro (lingkungan umum)
adalah kekuatan-kekuatan yang timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional perusahaan.
Lingkungan Makro terdiri dari :
A. Faktor Ekonomi
Terdiri dari :
- siklus ekonomi
- gejala inflasi dan deflasi
- kebijaksanaan moneter
- neraca pembayaran
B. Faktor Demografi
Terdiri dari :
- Perubahan jumlah penduduk akan mempengaruhi permintaan
- Perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk sesuai dengan perubahan umurnya.
- Distribusi pendapatan
- Tingkat pengangguran
C. Faktor Geografi
Faktor geografi juga penting diamati oleh perencana strategi, untuk menentukan peluang dan ancaman perusahaan.
D. Faktor Teknologi
Perubahan teknologi membawa pengaruh terhadap perkembangan perusahaan.
E. Faktor Pemerintah
Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambata/ancaman bagi perusahaan.
F. Faktor Sosial
Sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khususnya langganan dan karyawan.
G. Faktor Politik
- pengaruh yang bersumber dari kekuatan politik
- perbedaan ideologi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar