Kamis, 28 November 2013

FUNGSI AUDIT INTERNAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN



Layanan auditor internal dapat dilihat sebagai nilai tambah dalam meningkatkan efektivitas dari tata kelola organisasi mereka, termasuk internal kontrol yang efektif. Internal auditor kini tidak hanya berpartisipasi dalam proses tata kelola internal perusahaan, tetapi juga proses tata kelola eksternal perusahaan, yang meliputi:
·         Membantu dewan komisaris dan komite audit dalam fungsi pengawasan mereka.
·         Bekerjasama dengan auditor independen dalam penggabungan laporan mereka pada audit pengendalian internal atas pelaporan keuangan dan laporan keuangan.
·         Berpartisipasi dalam manajemen risiko dan pengendalian termasuk lingkungan audit dan persiapan dari tata kelola perusahaan dan laporan keberlanjutan.

Dewan komisaris dan komite audit kini mengharapkan internal auditor berperan dalam tata kelola perusahaan. Untuk memastikan bahwa peran audit internal dipandang sebagai fungsi bernilai tambah pada tata kelola perusahaan, auditor internal harus:
·         Independen dalam pelaporan langsung kepada dewan komisaris atau komite audit.
·         mempunyai staf yang memadai dengan pengetahuan keuangan dan akuntansi, dan berpengalaman.
·         Berpartisipasi dalam sejumlah fungsi tata kelola perusahaan dan membantu semua partisipan tata kelola perusahaan dalam memenuhi tanggung jawabnya.

PricewaterhouseCoopers (PwC) menunjukkan enam cara untuk meningkatkan Quality Assurance Review (QAR) di sebuah strategis tingkat:
1.    Buatlah komitmen kualitas untuk masa depan.
2.    Melakukan program jaminan berkualitas.
3.    Membangun protokol berpikiran maju.
4.    Melakukan kajian eksternal dengan pembandingan terintegrasi.
5.    Mengimplementasikan tindakan korektif yang diperlukan.
6.    Penilaian berkelanjutan kinerja fungsi audit internal.

Banyak organisasi yang mulai
dibangun atau memperbaiki fungsi audit internal mereka. Lima langkah yang disarankan untuk pembentukan atau perbaikan fungsi audit internal yang efektif:
1.    Menunjuk orang yang tepat untuk menjadi CAE. Komite audit dari dewan komisaris “langsung bertanggung jawab atas penunjukan, kompensasi, dan, bila diperlukan, pemberhentian perusahaan CAE dan mengawasi pekerjaan CAE.CAE bertanggung jawab untuk menyediakan jaminan, konsultasi, dan memberi saran kepada manajemen tentang efisiensi perusahaan, ekonomi, dan efektivitas dalam manajemen risiko, pelaporan keuangan, kontrol internal, dan proses tata kelola di bawah fungsi pengawasan komite audit.
2.    Membentuk piagam audit tertulis. Piagam audit internal harus menetapkan tujuan, wewenang, dan tanggung jawab fungsi audit internal sebagai komponen integral dari tata kelola perusahaan dalam menambah nilai bagi kinerja perusahaan berkelanjutan. Tujuan dari fungsi tersebut harus dijelaskan dalam piagam sebagai penyedia jaminan dan layanan konsultasi dalam risiko manajemen, pelaporan keuangan, pengendalian internal, dan proses tata kelola.
3.    Mengembangkan strategi audit. Strategi audit internal harus dikembangkan oleh CAE bekerja sama dengan manajemen dan disetujui oleh komite audit. Strategi ini harus menetapkan rencana audit, ruang lingkup, sifat dasar, prosedur, dan waktu dari semua kegiatan internal audit.
4.    Menerapkan strategi audit. Pelaksanaan strategi internal audit yang efektif membutuhkan: rencana audit yang tepat, sumber daya yang cukup, komitmen dari manajemen senior, dan persetujuan dari komite audit.
5.    Menetapkan jaminan mutu dan evaluasi kinerja. Untuk memastikan tingginya kualitas fungsi internal audit yang memberikan nilai tambah untuk operasi perusahaan dan kinerja, fungsi internal audit harus dievaluasi setiap tahun. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas fungsi internal audit dan memberikan dasar untuk promosi, kemajuan, dan kompensasi.

Auditor internal sebagai Penyedia Jaminan
Jaminan layanan yang disediakan auditor internal untuk organisasi mereka berhubungan dengan:
·         Tata kelola perusahaan, dengan fokus yang tajam pada manajemen risiko dan internal kontrol.
·         Pertimbangan etis.
·         Tanggung jawab sosial.
·         Hal lingkungan.

Selain layanan jaminan sukarela, auditor internal dapat membantu
auditor eksternal dalam audit terpadu mereka dari pengendalian internal dan pelaporan keuangan. Public Company Accounting Oversight Board (PCAOB) dalam Standard Audit No 2 mendorong auditor eksternal menggunakan hasil pengujian yang dilakukan oleh auditor internal dalam menentukan sifat, jangkauan, dan waktu tes kontrol dalam batas audit. Terintegrasi dari ketergantungan pada pekerjaan auditor internal dalam audit terpadu tergantung pada tujuan, independensi, dan kompetensi auditor internal.
Auditor internal dapat membantu manajemen untuk mematuhi pasal 302 dan 404 Sarbanes-Oxley (SOX) secara efektif, dengan meninjau sertifikasi manajemen pada internal kontrol dan laporan keuangan atau menyediakan beberapa jenis jaminan pada kelengkapan dan ketepatan dari sertifikasi mereka. Mereka harus memastikan bahwa layanan mereka sesuai dengan standar profesional mereka didasarkan dan didukung oleh bukti audit yang cukup dan kompeten.

Auditor Internal sebagai Konsultan
Auditor internal dapat memberikan berbagai jasa konsultasi untuk dewan komisaris perusahaan, komite audit, manajemen, dan personil lainnya pada semua tingkatan untuk memungkinkan mereka untuk melaksanakan tanggung jawab mereka secara efektif.
·         Layanan konsultasi kepada dewan komisaris dan komite auditAuditor internal harus terlatih dengan baik dan berpengetahuan cukup untuk menyediakan layanan tersebut untuk seluruh dewan komisaris dan seluruh dewan komite, terutama komite audit.
·         Layanan konsultasi kepada manajemen.  Dalam memberikan layanan konsultasi untuk manajemen, auditor internal menilai efisiensi, efektivitas, dan ekonomi dari kinerja manajerial. Untuk menjaga independensi dan tujuan mereka, auditor internal harus memastikan mereka tidak masuk ke dalam fungsi pengambilan keputusan manajemen dalam kegiatan konsultasi, dan harus menahan diri untuk membuat keputusan atas nama manajemen.
·         Layanan Pelatihan. Auditor internal harus berpengetahuan cukup untuk memberikan jasa pelatihan Audit kepada semua anggota dalam organisasi mereka. Sebagai pelatihan organisasi dan pendidikan ahli, auditor internal membawa lebih banyak kompetensi dan pengetahuan untuk seluruh organisasi dan membantu semua anggota untuk melaksanakan tanggung jawab tugas mereka secara efektif.

TREN DAN PERLUNYA AUDIT INTERNAL
Fokus internal audit telah bergeser jauh dari kepatuhan dan kontrol internal dan bergerak menuju layanan bernilai tambah. Foreign Corrupt Practices Act (FCPA) tahun 1977 menggarisbawahi peran penting yang dimainkan auditor internal dalam menjamin kepatuhan dengan ketentuan.
Treadway Commission (COSO) melaporkan pada tahun 1987 untuk menitikberatkan kebutuhan fungsi audit internal dan membuat beberapa rekomendasi untuk meningkatkan peran auditor internal. Survey PricewaterhouseCoopers (PwC) tahun 2006 mengidentifikasi beberapa tren penting yang terus memengaruhi praktek audit internal. Tren ini adalah:
1.    peningkatan yang signifikan dalam penggunaan teknik audit berkelanjutan dalam menanggapi terus meningkatnya risiko lingkungan yang dinamis;
2.    komitmen perusahaan untuk kesetaraan dengan memanfaatkan peninjauan quality auditing review (QAR) eksternal;
3.    mengalokasikan sumber daya audit internal untuk kegiatan-kegiatan organisasi sebagai tuntutan kepatuhan SOX pada beberapa sumber daya audit internal;
4.    kekurangan auditor internal berkualitas, dan
5.    meningkatnya permintaan jasa audit internal dan lebih fokus pada perlunya laporan audit internal dan kesimpulan oleh para eksekutif senior perusahaan dan para direktur.

SOX tidak secara langsung menangani tanggung jawab auditor internal atau fungsi audit internal. PCAOB dalam Standard Auditing No 2 menyatakan bahwaAuditor internal biasanya diharapkan memiliki kompetensi dan keahlian yang lebih baik berkaitan dengan pengendalian internal atas pelaporan keuangan dan tujuan yang lain.” Jadi, auditor internal dapat menjadi bantuan besar untuk kepatuhan manajemen dengan kedua pasal 302 dan 404 dari SOX dan audit auditor eksternal dan laporan tentang pengendalian internal. Namun, penelitian PwC menunjukkan bahwa, dalam beberapa tahun setelah berlalunya SOX, auditor internal sangat diperlukani untuk kepatuhan SOX bahwa prioritas yang lain didapatkan dan fokus utama mereka pada risiko berbasis audit dialihkan.
Kurang tepatnya keseimbangan antara upaya kepatuhan SOX auditor internal dan kegiatan lainnya yang dapat merugikan keefektifan pengendalian nonfinansial dan kepatuhan dalam keseluruhan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan.
Kekhawatiran lain yang diangkat dalam laporan PwC adalah:
·         Tujuan auditor internal dan kebebasannya beresiko dalam situasi di mana mereka menanggung peran operasional pada proyek-proyek Pasal 404.
·         Sebuah kemungkinan penurunan tingkat ketergantungan pada pekerjaan auditor internal oleh auditor eksternal dapat terjadi ketika auditor internal menanggung tanggung jawab manajemen pada proyek-proyek Pasal 404.
·         Ada potensi konflik kepentingan dalam peran auditor internal sebagai penentu dalam piagam dewan komite mereka yang disetujui oleh dewan komisaris perusahaan.

Auditor internal di era pasca-SOX diperlukan untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara prioritas dan sumber daya mereka untuk menjamin tercapainya tujuan mereka menyediakan layanan nasehat dan konsultasi kepada seluruh organisasi. Penelitian PwC tahun 2005 mengidentifikasi enam tren yang berdampak pada profesi audit internal dalam periode pasca-SOX:
1.    Syarat-syarat SOX terus mempengaruhi prioritas audit internal secara signifikan. Lebih
dari 70 persen responden (
para CAE) melaporkan bahwa pada tahun pertama kepatuhan pada Pasal 404 yang diperlukan lebih dari setengah sumber daya internal audit mereka. Untuk sesuai dengan Pasal 302, manajemen harus merancang dan melaksanakan pengendalian internal secara efektif dan mempersiapkan kelengkapan dan sertifikasi yang akurat untuk CEO dan CFO. Manajemen juga diperlukan untuk dokumen, pengujian, dan menilai desain dan operasi pengendalian internal atas pelaporan keuangan. 
2.    Audit internal memperkuat hubungan dengan stakeholder utama, terutama komite audit dan manajemen. Lebih dari 88 persen responden melaporkan bahwa fungsi internal audit mereka melapor langsung kepada komite audit atau seluruh dewan, sekitar 75 persen melaporkan secara administratif kepada C-Suite (CEO dan CFO)
3.    Manajemen risiko dan tata kelola perusahaan mengambil tingkat pusat. Lebih dari 82 persen dari auditor internal menanggapi telah melakukan penilaian tingkat perusahaan, sementara 79 persen telah menilai kegiatan tata kelola perusahaan untuk meningkatkan proses tata kelola perusahaan.
4.    Meningkatnya permintaan untuk menyaring sumber daya audit internal dan proses. Sekitar sepertiga dari auditor internal disurvei memiliki posisi audit internal terbuka untuk waktu yang lama.
5.    Kepala eksekutif Audit semakin diminta untuk memberikan pendapat formal pada pengendalian internal. Auditor internal yang disurvei, 38 persen diminta untuk mengeluarkan pendapat tentang keseluruhan kondisi pengendalian internal; 33 persen mengeluarkan pendapat tentang pengendalian internal perusahaan atas pelaporan keuangan.
6.    Proses audit berkelanjutan dan teknik pengawasan peristiwa tambahan. 34 persen dari survei responden menggunakan teknik audit berkelanjutan.

Institute of Internal Auditors
Institute of Internal Auditors adalah organisasi yang diakui dengan baik, mewakili lebih dari 102.000 anggota di seluruh dunia. Sekitar 46.000 berada di 133 cabang didirikan di Amerika Serikat. IIA telah mengadopsi Kerangka Kerja Praktek Profesional (Profesional Practices Framework-PPF) yang mencakup standar internal audit yang baru dan diperbarui. Kode Etik IIA terdiri dari dua komponen: prinsip-prinsip dan aturan perilaku.
Standar untuk Praktek Audit Internal Profesional  (Standars for The Professional Practice of Internal Auditing-SPPIA) adalah terdiri dari tiga perangkat standar wajib:
1.    Atribut standar menentukan fitur yang sesuai dengan individu auditor atau fungsi Audit dalam melakukan audit internal.
2.    Kinerja standar mengenai kinerja keterlibatan audit internal.
3.    Implementasi standar menggambarkan atribut standar kinerja dan bagaimana mereka bisa diterapkan untuk jenis tertentu dari audit.

Lembaga Penelitian Formulasi Auditor internal  (Institute of Internal Auditors Research Formulation-IIARF) sedang dalam proses pembentukan Common Body of Knowledge (Tubuh Pengetahuan Umum-CBOK) untuk auditor internal, yang dimaksudkan untuk memperluas pemahaman tentang praktik audit internal dan perumusan profesi audit internal di seluruh dunia. CBOK ini akan mencakup:
1.    pengetahuan dan keterampilan auditor internal,
2.    organisasi dan keterampilan praktek auditor internal;
3.    kinerja aktual dan tanggung jawab yang dilakukan oleh auditor internal;
4.    struktur organisasi audit internal;
5.    jenis-jenis industri dalam praktek audit internal, dan
6.    lingkungan peraturan dari berbagai negara yang memengaruhi audit internal.

Pendidikan Audit Internal
IIA telah mendirikan Persekutuan Pendidikan Audit Internal (Internal Auditing Education Partnership-IAEP), yaitu Program untuk mempromosikan audit internal di perguruan tinggi dan universitas dalam mendidik generasi auditor internal berikutnya. Program IAEP menawarkan sekolah bisnis tiga tingkat, antara lain:
1.    Tingkat entri, membutuhkan minimal enam jam audit internal, meliputi mata pelajaran terkait audit internal, manajemen risiko, dan pengendalian.
2.    Tingkat mitra membutuhkan minimal tiga program inti setara per tahun dalam audit internal yang berhubungan dengan mata pelajaran.
3.    Tingkat lanjutan membutuhkan pembentukan pusat audit internal unggulan dengan belum/sudah lulus konsentrasi formal atau pelajaran tambahan dalam audit internal.

Piagam Audit Internal
Departemen audit internal harus memiliki sebuah piagam yang mendefinisikan misi mereka, wewenang, independensi, dan tanggung jawab. Piagam ini harus ditandatangani oleh CAE, CEO, dan ketua komite audit.


HUBUNGAN KOMITE AUDIT DENGAN AUDITOR INTERNAL
Hubungan kerja yang erat antara komite audit dan auditor internal dapat meningkatkan efektivitas tata kelola perusahaan dalam tiga cara:
1.    Independensi dan obyektivitas dari auditor internal dapat ditingkatkan ketika mereka melaporkan langsung temuan mereka kepada komite audit.
2.    Wibawa dan status auditor internal dapat diperkuat ketika mereka bekerja dengan manajemen di semua tingkatan untuk komite audit. Dalam hal ini, peran auditor internal dianggap sebagai fungsi nilai tambah untuk meningkatkan kinerja manajerial dan karyawan sambil menjaga independensi dan objektivitas mereka.
3.    Auditor internal dapat menjadi sumber penting dari bantuan kepada komite audit untuk memenuhi tanggung jawab pengawasan mereka dalam fungsi bidang seperti pelaporan keuangan, pengendalian internal, audit eksternal, pajak, dan bekerja dengan penasihat hukum dalam whistle blower dan hal-hal etika.

Komite audit harus menggunakan jasa auditor internal dalam memenuhi tanggung jawab pengawasan mereka
atas pelaporan keuangan, pengendalian internal, dan kegiatan audit. Auditor internal dapat membantu komite audit dalam membangun dan melaksanakan program whistleblower dan kode etik bisnis perusahaan dan perlakuan profesional dalam menilai manajemen risiko perusahaan, dalam mengembangkan jadwal untuk pertemuan komite audit, dan dalam membantu orientasi anggota komite audit baru serta pendidikan berkelanjutan dan evaluasi anggota komite.
Dalam mengawasi fungsi audit internal perusahaan, komite audit harus:
·         Mempertimbangkan apakah fungsi audit internal adalah nilai tambah untuk tujuan jangka panjang perusahaan.
·         Meninjau tujuan dan misi fungsi audit internal.
·         Menilai kecukupan sumber daya (anggaran dan personel) untuk fungsi audit internal untuk mencapai tujuannya.
·         Memantau kinerja fungsi audit internal.

Komite audit dapat memberikan kontribusi bagi keberhasilan dan efektivitas auditor internal dan pencapaian nilai tambah kegiatan mereka dengan memastikan bahwa auditor internal memiliki:
·         Kecukupan kebebasan dari manajemen dengan pelaporan dan yang bertanggung jawab pada komite audit.
·         Sumber daya yang memadai, kompetensi, dan pelatihan yang berkelanjutan untuk menilai efektivitas pengendalian internal perusahaan dan manajemen risiko perusahaan.
·         Ketepatan pengetahuan tentang proses tata kelola perusahaan, pengendalian internal, pelaporan keuangan, dan kegiatan audit.
·         Mekanisme dan keyakinan untuk membawa kemajuan pelaporan keuangan terhadap isu-isu kontroversial tanpa takut pembalasan.
·         Sebuah proses untuk berkomunikasi langsung dengan komite audit perusahaan secara teratur dan tepat waktu.
·         Akses dengan komite audit untuk mendiskusikan masalah yang terkait dengan pengelolaan kegiatan manajemen, risiko pelaporan keuangan, dan potensial penipuan pelaporan keuangan tanpa takut dengan pembalasan dari manajemen atau dewan direksi.

PERAN INTERNAL AUDITOR DALAM PENGENDALIAN INTERNAL
IIA, pada tahun 2004, mengeluarkan artikel posisi yang disebut “Peran Audit Internal dalam Pasal 302 dan 404 dari US Sarbanes-Oxley Act tahun 2002. Pasal 302 dari SOX memerlukan sertifikasi kuartalan dari pengelolaan laporan keuangan dan pengendalian pelaporan keuangan. Pasal 404 mengharuskan penilaian manajemen terhadap efektivitas kedua desain dan operasional pengendalian internal atas pelaporan keuangan. Karena tanggung jawab manajemen untuk memenuhi pasal 302 dan 404 tidak dapat diserahkan atau dilepaskan, auditor internal dapat sangat membantu manajemen dalam memenuhi tanggung jawab kepatuhan. Selain itu, auditor internal juga harus menjaga objektivitas dan independensi sesuai piagam mereka. Artikel ini mengusulkan empat kegiatan auditor internal untuk mendukung perusahaan untuk mematuhi pasal 302 dan 404:
1.    Pengawasan proyek.
2.    Konsultasi dan dukungan proyek.
3.    Pemantauan dan pengujian berkelanjutan.
4.    Proyek audit.

Artikel ini juga menunjukkan bahwa auditor internal mempertimbangkan enam faktor ketika mendukung dan berkonsultasi dengan manajemen untuk mematuhi pasal 302 dan 404:
1.    Konsultasi dengan manajemen pada kegiatan-kegiatan kepatuhan pengendalian internal dengan tidak merusak independensi dan objektivitas auditor internal.
2.    Membuat pedoman keputusan manajemen dalam proses kepatuhan yang menghalangi objektivitas dan independensi auditor internal.
3.    Memiliki tanggung jawab untuk operasi tertentu atau berpartisipasi dalam membuat atau mengarahkan keputusan pedoman manajemen yang merusak obyektivitas dan independensi auditor internal.
4.    Desain, implementasi, dan prosedur penyusunan untuk pengendalian internal agar sesuai dengan pasal 302 dan 404 yang mengganggu independensi auditor internal dan objektivitas.
5.    Rekomendasi dari standar untuk pengendalian internal atau tinjauan prosedur internal kontrol tidak mengganggu objektivitas dan independensi auditor internal. 
6.    Mencurahkan sejumlah besar upaya auditor internal untuk konsultasi dengan manajemen pada kepatuhan pasal 302 dan 404 dapat menguras sumber daya auditor internal dan mengalihkan perhatian mereka dan fokus dari kegiatan nilai tambah lainnya untuk mencapai misi organisasi.

EVALUASI FUNGSI AUDIT INTERNAL
Pernyataan Standar Audit (Statement on Auditing Standards-SAS) no. 65-Pertimbangan Auditor atas Fungsi Audit Internal dalam Audit Laporan Keuangan-memberikan panduan pada auditor eksternal untuk mempertimbangkan dan mengevaluasi fungsi audit internal perusahaan dan pekerjaan auditor internal dalam menentukan luas, sifat, dan waktu dari audit prosedur yang akan dilakukan. SAS No 65 berfokus pada penggunaan auditor internal dalam audit laporan keuangan. Namun, ia menyediakan panduan untuk mengevaluasi kompetensi dan objektivitas auditor internal. Faktor-faktor yang diartikulasikan dalam SAS No 65 adalah:
·         Pendidikan dan sertifikasi profesional.
·         Pengalaman profesional dan pendidikan berkelanjutan.
·         Rencana audit, kebijakan, program, dan prosedur.
·         Pengawasan dan review pekerjaan auditor.
·         Praktek tentang tugas.
·         Kualitas dokumentasi kertas kerja.
·         Laporan audit dan rekomendasi dan tindak lanjut.
·         Evaluasi kinerja auditor internal.

Efektivitas kerja auditor internal dapat dinilai dengan mempertimbangkan:
·         Apakah ruang lingkup pekerjaan auditor internal yang tepat untuk memenuhi tujuan audit.
·         Apakah program dan prosedur audit sudah memadai dalam memenuhi tujuan audit.
·         Kualitas, kelengkapan, dan dokumentasi kertas kerja, termasuk bukti pengawasan dan peninjauan yang tepat.
·         Apakah kesimpulan audit sesuai dengan keadaan sekitar.
·         Apakah laporan audit konsisten dengan bukti audit yang terkumpul dan penyelenggaraan kerja

AUDIT INTERNAL OUTSOURCING
Konferensi dewan merekomendasikan bahwa semua perusahaan publik harus memiliki fungsi audit internal. Penetapan fungsi audit internal bisa menjadi fungsi “in house” atau fungsi “outsource” yang dilakukan oleh perusahaan akuntan publik. Untuk meningkatkan fungsi audit internal dan independensi auditor internal, auditor internal harus memiliki jalur komunikasi langsung dan laporan pertanggungjawaban untuk komite audit.
Keputusan untuk mendirikan dan mempertahankan fungsi audit internal atau outsourcing harus dibuat oleh dewan komisaris perusahaan dalam konsultasi dengan komite audit, manajemen, penasehat hukum, dan auditor independen. Berbagai faktor, termasuk ukuran perusahaan dalam hal total aset, penjualan, jumlah karyawan, kompleksitas operasi, proses pelaporan keuangan, keragaman geografis operasi, risiko manajemen perusahaan dan proses tata kelola, dan ketersediaan keuangan yang diperlukan dan modal daya manusia, harus dipertimbangkan dalam memutuskan apakah untuk melakukan outsourcing fungsi audit internal.
SOX melarang auditor independen untuk menyediakan jasa audit internal outsourcing tertentu untuk perusahaan publik bersamaan dengan jasa audit. Ini tidak berarti bahwa perusahaan akuntan publik tidak diizinkan untuk memberikan jasa outsourcing audit internal kepada perusahaan publik, tapi mereka hanya tidak dapat melakukan pelayanan pemeriksaan atas laporan keuangan dan audit internal outsourcing untuk klien publik dan tahun fiskal yang sama.  SEC, dalam menerapkan ketentuan audit internal outsourcing dalam SOX, mengeluarkan rilis No 33-8183 dan 34-47265 untuk memperjelas jenis layanan audit internal yang dilarang. Aturan SEC mengizinkan audit internal outsourcing untuk klien auditor independen dalam dua bidang:
1.    Operasional audit internal tidak terkait dengan pengendalian akuntansi internal, sistem keuangan, atau laporan keuangan.
2.    Penilaian berulang dari item yang berlainan atau program lain yang tidak terkait dengan outsourcing dari fungsi audit internal.


ADVISORY FUNCTION (FUNGSI PENASIHAT)

Fungsi penasihat dalam tata kelola perusahaan yaitu legal counsel (pengacara), analis keuangan, dan bank investasi yang secara normal membantu perusahaan dalam mengevaluasi dokumen-dokumen yang sah, keuangan dan pajak yang dikarenakan transaksi bisnis. Penasihat profesional ikut berpartisipasi dalam tata kelola perusahaan dengan menyediakan layanan penasihat kepada dewan komisaris perusahaan dan manajemen. Dahulu, manajemen berikatan dengan penasihat profesional untuk struktur, ukuran, pengakuan dan persiapan dari public filling dan pengungkapan transaksi bisnis. Dalam pemecatan akibat pelaksanaan tugas fidusia yang tidak efektif, dewan komisaris, khususnya komisaris independen, mempercayakan kepada penasihat mereka. Sementara, penasihat yang digaji perusahaan dan manajemen, mereka itu independen dan dapat secara langsung mempengaruhi dewan komisaris dan keefektifannya.

Fungsi Penasihat yang Relevan
The American Law Institute menyatakan: “komisaris independen harus memberi judul kepada pengacara, akuntan atau ahli lainnya yang disewa, pada beban perusahaan, untuk memberi nasihat pada masalah-masalah yang meningkat pada penggunaan fungsi mereka.” Beberapa ketetapan dari Sarbanes-Oxley Act tahun 2002 deal dengan penasihat yang relevan. Contohnya Seksi 301 SOX dan Seksi 307 SOX. Dimulai tahun 2007, SEC akan membutuhkan perusahaan-perusahaan publik untuk mengidentifikasi pembayaran gaji terhadap para ahli yang mereka gunakan dalam laporan publik. Selanjutnya, konsultan tersebut diusahakan untuk memaksa klien mereka agar setuju untuk:
1.     Pemaksaan-pemaksaan beberapa hukum yang dibatasi atau kerugian keuangan dimana mereka harus membayar dalam penuntutan perkara.
2.     Mengganti kerugian kepada mereka untuk kerugian-kerugian dan biaya hukum.
3.     Mengakhiri kerugian pada jumlah fee yang mereka terima dengan menyediakan layanan konsultasi.

Selanjutnya kita akan membahas siapa saja fungsi penasihat di dalam tata kelola perusahaan. Di sini kita membahas empat fungsi penasihat, yaitu legal counsel, financial and investment analyst, securities analyst and investment banks. Berikut pembahasan lebih lanjutnya:

A   LEGAL COUNSEL (PENGACARA)
Dalam keadaan legal, pengacara memiliki peran utama sebagai advokat yaitu orang yang mewakili kepentingan terbaik klien mereka. Aturan-aturan SEC mewajibkan pengacara (legal counsel) untuk melaporkan pelanggaran-pelanggaran karena hukum-hukum sekuritas, pelanggaran-pelanggaran tugas fidusia, atau pelanggaran-pelanggaran yang serupa yang dilakukan oleh chief legal counsel dan CEO perusahaan, yang akhirnya berlanjut ke dewan komisaris. Dahulu, peran legal counsel independen dalam proses tata kelola perusahaan yaitu menyediakan counsel independen dan menasihati manajemen perusahaan pada masalah-masalah hukum yang bervariasi, termasuk memiliki hubungan kerja yang erat/dekat dengan in house legal staff untuk membantu masalah-masalah kepatuhan hukum. Sekarang ini peran legal counsel sebagai penjaga pintu yang independen untuk mempromosikan perilaku pengacara perusahaan dan untuk melindungi kepentingan perusahaan. Seperti kasus berikut ini, dewan komisaris perusahaan harus menyewa outside counsel untuk menginvestigasi dugaan sementara karena perbuatan salah yang dilakukan oleh pihak eksekutif.

Sebagai penasihat manajemen, legal counsel memainkan peran penting dalam mengidentifikasi risiko pelaporan keuangan terhadap manajemen dan hal-hal yang tidak akurat lainnya, informasi yang menyesatkan, atau tidak patuh terhadap hukum yang berlaku, aturan-aturan dan regulasi-regulasi dalam pengungkapan keuangan untuk para investor. Legal counsel memainkan peran penting dalam mewakili dan menganalisis informasi yang relevan sebaik saat menyediakan nasihat yang bernilai kepada dewan komisaris dan komite perusahaan, petugas dan pegawai agar pemberhentian mereka memberikan tanggung jawab yang efektif. Legal counsel perusahaan termasuk pengacara internal digaji dan pengacara independen/luar perusahaan disewa oleh perusahaan  harus mengkoordinasikan kegiatan mereka dan melayani sebagai:
-          Konselor untuk dewan komisaris
-          Penasihat untuk manajemen
-          Penjaga pintu untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum-hukum yang berlaku
-          Pelaksana undang-undang untuk mengevaluasi risiko

Ada tiga tanggung jawab utama legal counsel perusahaan, yaitu:
1.    Memastikan kepatuhan sudah sesuai dengan hukum, regulasi dan aturan yang berlaku.
2.    Menyediakan legal advice (penasihat hukum) dan menganalisis mengenai kepatuhan hukum yang diterbitkan dengan cara yang pantas.
3.    Mengkomunikasikan potensi yang material atau pelanggaran hukum yang terus menerus terjadi dan pelanggaran tugas fidusia oleh pengacara umum dan komisaris independen atau komite dari komisaris independen tersebut.

SEC menerbitkan aturan-aturan sebagai berikut:
Ä  Pelanggaran-pelanggaran laporan pengacara yang material dari hukum federal dan hukum jaminan negara bagian, pelanggaran tugas fidusia dan pelanggaran-pelanggaran sejenis yang dilakukan oleh hukum negara bagian atau federal.
Ä  Tindakan yang diambil oleh perusahaan ketika laporan pengacara diduga keras sebagai pelanggaran yang material karena hukum negara bagian atau federal.
Ä  Melaporkan jenjang ke atas dalam perusahaan atau alternatifnya dibangun komite kepatuhan hukum yang bermutu.

Terdapat empat langkah yang dapat dilakukan jika pelaporan pengacara tidak memuaskan dalam periode waktu yang layak, yaitu:
1.    Ke komite audit dahulu
2.    Jika tidak ada komite audit, lalu ke komite lain di perusahaan yang disusun oleh dewan komisaris
3.    Jika tidak ada komite lain, kemudian ke dewan komisaris
4.    Jika pelaporan pengacara telah diberhentikan dari pekerjaan atau pengikut sebagai hasil pengambilan seperti laporan pelanggaran, pengacara dapat memberitahukan dewan komisaris perusahaan atau perwakilannya pada komite audit.

Attorney Client Privilage
Hak istimewa pengacara perusahaan klien telah di bawah pengawasan setelah jaman Enron dan dalam banyak kasus, hal tersebut telah terkikis dalam penyelidikan kriminal perusahaan. The United States Sentencing Commission dimodifikasi oleh Federal Sentencing Guidelines di tahun 2004 untuk perusahaan yang dihukum karena kejahatan federal, termasuk ketentuan bahwa korporasi bisa mengesampingkan hak istimewa pengacara-klien untuk mendapatkan kredit untuk kerjasama dengan pemerintah. Bukti anekdotal (misalnya, Association of Corporate Counsel, Kamar Dagang Amerika Serikat, dan Business Roundtable) menunjukkan bahwa mayoritas penasehat hukum dari luar telah ditekan untuk melepaskan hak istimewa dalam kaitannya dengan penyelidikan pemerintah.
Hubungan hak istimewa pengacara-klien telah lama diterima dalam sistem hukum.
Namun, pemerintah federal dianggap mengabaikan hak istimewa “bekerjasama” dengan investigasi pemerintah atau posisi pajak substansial. Empat perkembangan terakhir dimaksudkan untuk memastikan bahwa hak istimewa pengacara-klien yang dipertahankan. Pertama, pada Maret 2006, Komisi Hukuman US mengamandemen pedoman hukuman untuk menghapus pengabaian hak istimewa pengacara-klien sebagai suatu kondisi perusahaan dengan peraturan berwenang. Kedua, pada bulan Juni 2006, Hakim Pengadilan Distrik AS Lewis Kaplan memutuskan bahwa Departemen Kehakiman menekan perusahaan untuk menahan pembayaran biaya hukum bagi karyawan dalam penyelidikan inkonstitusional, keputusan yang dilihat
oleh banyak orang sebagai dukungan untuk pelestarian hak istimewa pengacara-klien. Ketiga, pada bulan Agustus 2006, ABA merilis rekomendasi yang bertujuan untuk: (1) mengurangi pemerintah tekanan untuk menggunakan the waiver sebagai bagian dari kerjasama dalam penyelidikan pemerintahan, dan (2) meminta SEC, PCAOB, AICPA, dan lain-lain mengadopsi standar, kebijakan, prosedur, dan praktik untuk memastikan bahwa hak istimewa pengacara-klien yang dipertahankan dalam kaitannya dengan proses audit. Akhirnya, pada tanggal 12 Desember 2006,
Departemen Kehakiman merevisi pedoman perusahaan yang menetapkan persyaratan persetujuan untuk jaksa federal sebelum mereka dapat meminta keringanan hak istimewa pengacara-klien.

A   PENASIHAT KEUANGAN DAN INVESTASI
Penasihat keuangan dan investasi mempunyai tugas untuk mengelola investasi demi kepentingan klien mereka (investor) dan berpartisipasi sebagai wakil dalam proses pemungutan suara, memainkan peranan penting dalam tata kelola perusahaan. pensihat investasi diperlukan untuk melatih ketentuan hak, memelihara keobyektifan dan melayani klien mereka dengan kemampuan terbaik mereka (penasihat investasi). Aturan –aturan SEC mewajibkan penasihat investasi untuk:
a.    Membangun kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur untuk memberi pedoman bagi wakil mereka dalam proses pemungutan suara yang terbaik untuk kepentingan klien mereka.
b.    Mengungkapkan informasi yang memadai berkenaan dengan dibangunnya kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur serta bagaimana mereka dipilih dalam pemungutan suara melalui wakil mereka.
c.    Mempertahankan catatan yang sebenarnya berkenaan dengan wakil mereka dalam proses pemungutan suara.

Aturan SEC mewajibkan:
a.    Semua perusahaan investasi, termasuk reksa dana, untuk mengungkap kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang mereka gunakan untuk memutuskan bagaimana wakil mereka mengeluarkan hak suara yang berhubungan dengan portofolio mereka.
b.    Dana-dana diungkapkan tentang bagaimana wakil mereka mengeluarkan hak suara, baik melalui website mereka ataupun karena permintaan, serta mencatat informasi tersebut dengan SEC.
c.    Dana-dana yang dikeluarkan pemegang saham harus mereka ketahui dengan dilaporkan di laporan tahunan atau laporan setengah tahunan dimana mereka dapat melihat dari informasi yang diungkapkan.

A   ANALIS SEKURITAS
Analis Sekuritas adalah orang yang mencakup perusahaan dan memainkan peran penting dalam menyediakan informasi relevan dan dapat diandalkan kepada investor. Jadi, objektivitas, independensi, dan integritas sangat penting bagi penasehat keuangan. Analis sekuritas yang disewa oleh perusahaan broker untuk menganalisis kinerja keuangan korporasi yang mereka ikuti, menilai kualitas perusahaan sebagai investasi, dan membuat rekomendasi untuk peluang investasi berdasarkan analisis mereka. Dalam hal ini, analis sekuritas, dipengaruhi keputusan investasi investor, dapat secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi keuangan bahwa perusahaan menyebarkan kepada publik.

Analis diatur oleh  National Association of Securities Dealers (NASD). NASD menerbitkan panduan untuk memahami rekomendasi-rekomendasi analis sekuritas. Panduan ini ditujukan terhadap dua penting isu-isu yang berkaitan dengan rekomendasi analis, yaitu:
1.  Peringkat analis sering tidak memiliki makna yang jelas dan standar dalam arti bahwa istilah “underperformance” berarti hal yang berbeda dengan analis yang berbeda.
2.  Potensi konflik kepentingan ada dan sering tidak diungkapkan dan karenanya
tidak dipertimbangkan oleh investor dalam menilai keandalan dan kegunaan dari rekomendasi analis. Sebagai contoh, investor harus mempertimbangkan kepada siapa analis bekerja (misalnya, perusahaan-perusahaan keuangan besar, institusional money manager) dan apakah hubungan kerja tersebut dapat memberikan tekanan miring pada analis laporan mereka dalam arah tertentu.

Analis sekuritas memainkan peran penting dalam merekomendasikan saham.  CFA Institute, dahulu dikenal sebagai AIMR dan National Investor Relations Institute telah bersama-sama mengusulkan pedoman etika yang mengatur hubungan antara perusahaan publik dan analis sekuritas mereka. Pedoman diusulkan memerlukan analis untuk menahan diri dari segala benturan kepentingan dengan perusahaan yang mereka tutupi, melakukan penelitian menyeluruh dan rajin, serta obyektif dan bias dalam penelitian laporan mereka. Perusahaan tidak boleh:
-       Membedakan antara analis berdasarkan penelitian mereka dan rekomendasi.
-       Menahan informasi yang relevan dari analis atau menolak akses mereka ke wakil perusahaan untuk mempengaruhi penelitian mereka.
-       Mengerahkan tekanan pada analis `vis-a-vis hubungan bisnis lainnya, termasuk
investasi perbankan.

Pedoman diusulkan untuk mengatasi kenyataan bahwa analis-penelitian kompensasi adalah tepat ketika: (1) perusahaan terlibat pada analis objektif berkualitas, dan kompeten dan (2) analis sepenuhnya mengungkapkan dalam penelitian mereka sifat laporan dan tingkat kompensasi yang diterima. Pedoman disediakan lima standar praktik terbaik yang mengatur hubungan antara perusahaan dan analis mereka, yaitu:
v  Standar 1: arus informasi,
Analis, investor, dan perusahaan publik tidak harus mengganggu atau mengancam untuk mengganggu aliran bebas informasi antara perusahaan, investor, dan analis dalam setiap hal-hal yang tidak tepat mempengaruhi perilaku orang-orang dengan siapa mereka berkomunikasi.

v  Standar 2: perilaku analis
Analis harus melakukan penelitian dan memberi rekomendasi dengan objektivitas maksimal, kemerdekaan, keadilan, dan opini yang tidak bias dengan:
1.  Menerbitkan penelitian yang obyektif dan rekomendasi yang memiliki bias yang wajar dan bukti yang cukup didukung secara menyeluruh, rajin, dan investigasi yang tepat dan penelitian.
2.  Membedakan antara fakta dan opini.
3.  Memastikan transparansi dan kelengkapan informasi yang disajikan dalam
laporan mereka.
4.  Terlibat tanpa ancaman untuk menggunakan laporan penelitian mereka atau rekomendasi dalam rangka untuk memperbaiki hubungan mereka dengan perusahaan yang mereka cover.

v  Standar 3: akses dan komunikasi perusahaan
Perusahaan tidak boleh:
1.  Membedakan antara penerima informasi yang diungkapkan berdasarkan penerima sebelum penelitian, rekomendasi, memperkirakan laba, kesimpulan, dan pendapat.
2.  Mengingkari atau mengancam untuk menolak akses informasi atau perwakilan perusahaan dalam rangka untuk mempengaruhi rekomendasi penelitian atau tindakan investasi profesional dan analis.
3.  Pengaruh penelitian, rekomendasi, atau tindakan analis atau investasi
profesional dengan mengerahkan tekanan melalui hubungan bisnis lainnya.

Perusahaan harus menyediakan akses kepada manajemen perusahaan, petugas, dan lainnya, termasuk analis dan investor, serta menetapkan dan mematuhi kebijakan yang mengatasi bagaimana perusahaan mendefinisikan akses, memprioritaskan permintaan untuk akses atau informasi, dan menanggapi setiap permintaan, dan dalam keadaan apa dan kepada siapa yang berbeda jenis atau tingkat dari akses akan dikabulkan.

v  Standar 4: emiten-laporan penelitian dibayar
Analis yang terlibat dalam penelitian dibayar oleh perusahaan harus:
1.  Hanya menerima uang kompensasi untuk pekerjaan mereka.
2.  Tidak menerima kompensasi bergantung pada kontrak atau kesimpulan dari
penelitian atau efek potensial terhadap harga saham.
3.  Mengungkapkan sifat laporan dan tingkat kompensasi yang diterima dari
penyusunan laporan, dan di samping itu, sifat dan tingkat dari setiap pribadi,
profesional, atau hubungan keuangan mereka, perusahaan mereka, atau anak induknya, agen, atau badan perdagangan.
4.  Mengungkapkan identitasnya, termasuk sebutan profesional dan pengalaman,
dan setiap hal-hal yang bisa dianggap cukup merusak objektivitas mereka.
5.  Menyatakan bahwa analisis atau rekomendasi dalam laporan itu mewakili pendapat dari penulis.

Perusahaan yang mempekerjakan analis untuk menghasilkan penelitian dan laporan harus:
1.  Libatkan analis yang berkualitas dan berkomitmen, termasuk pengungkapan hal-hal yang cukup bisa diharapkan merusak objektivitas mereka.
2.  Bayar untuk penelitian secara tunai dan hanya dengan cara yang tidak mempengaruhi isi dan kesimpulan penelitian.
3.  Tidak berusaha secara eksplisit maupun implisit untuk mempengaruhi penelitian, rekomendasi, atau perilaku analis untuk menghasilkan penelitian atau rekomendasi yang menguntungkan untuk perusahaan.
4.  Pastikan bahwa semua pengungkapan yang diperlukan oleh analis sepenuhnya disertakan dalam laporan penelitian yang dipublikasikan atau didistribusikan oleh perusahaan.

Objektivitas dan kinerja analis telah meningkat di era pasca-SOX. Namun, masih ada lebih banyak ruang untuk perbaikan di beberapa daerah untuk memastikan bahwa analis mempertahankan objektivitas dan relevansi.

A   INVESTMENT BANKS (BANK INVESTASI)
Lebih dari 90 juta penduduk Amerika berinvestasi di pasar modal/keuangan dan bank investasi biasanya membantu perusahaan publik untuk meningkatkan dana modal dan menyusun debt financing (utang keuangan) mereka. Selanjutnya, bank investasi akan memainkan peran di tata kelola perusahaan dengan menasihati perusahaan dalam hal pembiayaan dan keputusan investasi serta investor dalam
mengalokasikan secara efektif investasi mereka.

Bank-bank investasi telah dikritik karena keterlibatan mereka dalam skandal keuangan yang dilaporkan. Beberapa bank investasi yang dulu adalah pemain utama dalam memberikan nasihat keuangan dan pendanaan operasional Enron, termasuk JP Morgan, Chas dan Co, Toronto-Dominion Bank, Citigroup Inc, Deutsche Bank, AIG, Merrill Lynch dan Co, Barclays PLC, dan Credit Suisse Group, sekarang sedang digugat oleh Enron karena membantu menyembunyikan kewajiban dan mengembang laba milik Enron.

Di era setelah SOX, bank-bank investasi dan terutama perusahaan-perusahaan pialang tumbuh sangat cepat dan mencatat kenaikan pendapatan.

Fungsi Penasihat di Indonesia
Di Indonesia kita dapat melihat fungsi penasihat dari annual report tahun 2010 milik PT. TELKOM INDONESIA, Tbk. Di TELKOM juga memiliki legal advisory yang digunakan untuk membantu segala jenis masalah ataupun perihal yang berkaitan dengan hukum. Rata-rata perusahaan di Indonesia memiliki fungsi penasihat sebab fungsi ini sangat membantu perusahaan dalam menghadapi kasus-kasus yang material ataupun non material.

1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa in New Jersey - JTM Hub
    The 통영 출장샵 property's 1,000-room, 2,200-seat Borgata Hotel Casino & Spa, 포항 출장샵 features 광명 출장안마 a full-service spa, indoor swimming 포항 출장샵 pool, an outdoor pool, 전라남도 출장안마

    BalasHapus