Manager sering melakukan kesalahan
yang sama. Para manager selalu memulai kegiatan-kegiatan dan membuat
keputusan-keputusan tanpa menetapkan suatu kerangka tujuannya terlebih dahulu,
diman hal ini sangat penting untuk mengarahkan pembuatan keputusan dalam
organisasi. Tujuan itu sendiri adalah hasil akhir atau segala sesuatu yang akan
dicapai dan harus di raih. Setiap tujuan kegiatan-kegiatan tersebut dapat juga
disebut sebagai sasaran atau target.
Sebelum kita menentukan tujuan dalan
suatu organisasi, kita harus menetapkan misi organisasi terlebih dahulu. Misi
adalah suatu pernyataan umum dan abadi akan maksud organisasi, misi organisasi
adalah maksud khusus dan mendasar yang membedakan suatu organisasi dengan
organisasi lain.
Setelah menetapkan misi organisasi
baru kita menetapkan tujuan organisasi. Tujuan organisasi adalah suatu
pernyataan yuang kuat tentang keadaan yang diingankan dimana organisasi
tersebut bermaskud untuk merealisasikannya menjadi kenyataan.
Fungsi Tujuan dalam Organisasi
Konsep tujuan organisasi di pandang
secara luas mempunyai beberapa fungsi penting yang bervariasi menurut waktu dan
keadaan. Berbagai fungsi tujuan antara lain sebagi berikut :
1. Patokan Bagi Kegiatan bagi
kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi, melalui penggambaran hasil-hasil
di waktu yang akan datang. Fungsi tujuan memberikan arah dan pemusatan kegiatan
organisasi mengenai apa yang harus dan tidak harus dilakukan
2. Sumber Legitimasi dengan meningkatkan
kemampuan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, berguna untuk meningkatkan
kemampuan organisasi untuk mendapatkansumber daya dan dukungan dari lingkungan
di sekitarnya
4. Sumber Motivasi untuk mendorong anggota
lainnya dalam melaksanakan tugasnya, misalnya dengan memberikan intensif bagi
anggota yang melaksanakan tugasnya dengan baik, menghasilkan produk di atas
standar dan lain sebagainya yang akhirnya dapat mendorong para anggota lainnya.
5. Dasar Rasional Pengorganisasian, tujuan
organisasi merupakan suatu dasar perancangan organisasi yang saling
berinteraksi dalam kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan.
Fungsi perumusan strategi dalam
organisasi sering juga mengguna istilah “grand strategy”, diantaranya adalah
perumusan visi, misi, tujuan (objective), kebijakan (policy), dan strategi,
serta perencanaan tentang bagaimana pengorganisasian (organization planning)
seluruh kegiatan dalam menjalankan strategi tersebut.
Organization Planning memberikan
arahan kepada setiap awak organisasi, kemana organisasi akan dibawa di masa
yang akan datang. Ditinjau secara hirarki, fungsi ini berada pada tingkatan
tertinggi. Prosesnya memerlukan pemahaman yang mendalam serta analisis yang
cermat dan cerdas tentang berbagai perkembangan kondisi lingkungan strategis,
seperti perkembangan teknologi, ekonomi sosial budaya, politik, bahkan bagi
beberapa organisasi diperlukan kajian tentang sejarah di masa silam.
Permasalahan yang dihadapi sangat kompleks dan dinamis, sehingga penuh
ketidakpastian, namun harus dapat dikenali secara cerdas untuk mengurangi
tingkat ketidakpastian tadi. Untuk itu diperlukan personil yang memiliki daya
abstraksi kuat, kemampuan yang solid dalam melakukan analisis terhadap
perkembangan lingkungan strategik, serta melakukan sintesa terhadap
perkembangan iptek. Tujuan utama dari penyelengaraan ini adalah tercapainya
tujuan secara efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar