Manajemen SDM
• Perencanaan
Kebutuhab SDM
• Disamping
pemasaran, pengelolaan SDM paling penting karena SDM merupakan tulang punggung
/ motor penggerak dalam menjalankan roda kegiatan operasional bank
• Kemampuan
yang telah dimiliki karyawan harus terus diasah secara terus menerus melalui
pengalaman kerja dan pengembangan karyawan
• Seorang
karyawan bank harus memiliki ketrampilan dalam dunia perbankan agar dapat
melayani setiap produk yang ditawarkan dengan cepat, tepat dan memuaskan
• Untuk
dapat memiliki karyawan yang profesional, bank harus merancang uraian tugas
(job analysis) yang harus dijalankan seorang karyawan, wewenang dan tanggung
jawabnya
• Dalam
melakukan rekruitmen SDM tidak boleh dilakukan secara sembarangan; disamping
jumlah tenaga yang dibutuhkan juga kualifikasi yang dipersyaratkan
• Kualitas
SDM harus selalu ditingkatkan melalui pelatihan dan pemberian kompensasi yang
adil termasuk berbagai fasilitas kesejahteraan karyawan
• Manajemen
SDM merupakan kegiatan pengelolaan SDM melalui kegiatan analisa jabatan, perencanaan tenaga kerja, rekruitmen,
seleksi, pelatihan dan pengembangan, perencanaan karir, penilaian prestasi,
pemberian kompensasi sampai dengan pemutusan hubungan kerja
• Job
analysis mencakup :
• Job
description, mengenai deskripsi / uraian pekerjaan
• Job
Spesification, merupakan spesifikasi atau profil suatu pekerjaan
• Job
Performance Standar, memuat tentang target pelaksanaan dan kriteria
keberhasilan kerja
Rekruitmen dan Seleksi
• Pengertian
Rekruitmen merupakan kegiatan untuk menarik sejumlah pelamar agar melamar ke
bank dan seleksi merupakan proses pemilihan calon karyawan yang telah direkruit
• Agar
memperoleh tenaga kerja yang benar benar berkualitas maka proses seleksi harus
dilakukan dengan sempurna. Semua calon karyawan harus diseleksi tanpa kecuali
• Dalam
praktek pemilihan SDM yang dijadikan sarana rekruitmen adalah :
– Memilih tenaga
kerja melalui surat lamaran yang masuk
– Melalui karyawan
yang sudah bekerja di bank
– Melalui lembaga
pendidikan
– Melalui iklan
• Tahap seleksi
– Seleksi
administratif
– Wawancara pertama
– Ujian tertulis
– Wawancara kedua
– Medical Test
– Wawancara dengan
atasan langsung
– Keputusan
diterima atau ditolak
Pelatihan dan Pengembangan
• Pelamar
yang lulus seleksi berarti yang bersangkutan baru merupakan calon karyawan.
Untuk diangkat menjadi karyawan tetap maka calon tersebut harus mengikuti masa
percobaan melalui suatu pelatihan dengan jangka waktu 3 bulan, 6 bulann atau 1
tahun tergantung kebutuhan
• Pelatihan
bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada calon pegawai sebelum bekerja.
Pelatihan ditujukan untuk membiasakan calon karyawan dalam bekerja. Oleh karena
itu selama pelatihan calon pegawai dilatih cara melaksanakan pekerjaan serta
memahami visi dan misi bank
• Dalam masa
latihan calon pegawai akan dinilai kemauan dan kemampuannya dalam melakukan
pekerjaan, termasuk disiplin dan tanggung jawabnya
• Dari hasil
penilaian pelatihan barulah diputuskan apakah calon pegawai tersebut dapat
diangkat menjadi karyawan tetap atau tidak
Presentasi dan Simulasi
• Teknik
presentasi dilakukan dengan model :
• Perkuliahan
• Presentasi
Video
• Konferensi
• Metode
Simulasi dilakukan dengan cara :
• Studi
kasus, dengan cara mengeidentifikasi masalah, memilih alternatif penyelesaian
dan pengambilan keputusan
• Role
Playing
• Business
games
• Latihan di
laboratorium untuk pekerjaan tertentu
• Training
yang dilakukan dengan pelatih khusus
• Pelatihan
juga diberikan kepada karyawan lama dalam rangka penyegaran dan untuk
meningkatkan kemampuannya dalam rangka pengembangan karir dan penentuan
kompensasi yang bersangkutan
• Program
pengembangan karir dapat dilakukan melalui :
• Pendidikan
melalui paket khusus yang diberikan oleh lembaga pendidikan yang berpengalaman
dibidangnya, misalnya pendidikan komputer, akuntansi, bahasa asing, marketing
• Mutasi
antar bagian, memberikan pengalaman kerja yang baru dan menghindari kejenuhan
pekerjaan. Mutasi dapat juga terjadi karena pegawai lalai atau tidak mampu
melakukan tugas dengan sempurna
• Promosi,
dengan cara memindahkan karyawan keposisi yang lebih tinggi. Dengan cara ini
karyawan merasa dihargai kemampuan dan loyalitas yang telah diberikan pada bank
dan motivasi karyawan akan meningkat
Perencanaan Karir
• Karir
adalah jalan kehidupan pekerjaan seorang karyawan selama hidupnya bekerja milai
dari saat masuk sampai keluar dari pekerjaan tersebut
• Bila perusahaan
transparan dalam memberikan karir seseorang, yang bersangkutan dapat merancang
sendiri karir yang ingin ditempuhnya serta memberikan keuntungan pada
perusahaan, antara lain :
– Mengurangi
tingkat turn over karyawan
– Meningkatkan potensi
karyawan dalam bekerja
– Pengembangan
karyawan menjadi lebih mudah
– Memberikan
kepuasan pada karyawan
• Pengebangan
karir dapat dilakukan dengan cara :
– Meningkatkan
prestasi kerja
– Meningkatkan
kesetiaan dan loyalitas pada perusahaan
– Memiliki mentor
– Berhenti dan
pindah ke perusahaan lain
Penilaian Prestasi Kerja
• Salah satu
usaha untuk pengembangan karir adalah dengan melalui penilaian prestasi kerja
yang lazim dilakukan di dalam manajemen SDM
• Tujuan
penilaian prestasi kerja antara lain:
– Memperbaiki
kualitas pekerjaan
– Memudahkan dalam
penempatan / mutasi
– Perencanaan dan
pengembangan karir
– Kebutuhan
pelatihan dan pengembangan
– Kesempatan kerja
yang adil
• Teknik
penilaian prestasi kerja dapat dilakukan melalui :
– Rating Scale,
yaitu membandingkan prestasi kerja karyawan dengan skala tertentu
– Checlist, yaitu
penilaian yang menggambarkan prestasi kerja dan karakteristik karyawan
– Critical
Insident, yaitu menilai perilaku karyawan dalam melaksanakan pekerjaan
– Test dan
Observasi, yaitu test pengetahuan danketerampilan baik secara tertulis maupun
melalui peragaan
Metode Pelatihan
• On the job
training
– Metode ini
merupakan pelatihan yang diberikan kepada calon pegawai sambil bekerja dibawah
bimbingan seorang Penyelia (Supervisor)
– Dalam pelatihan
ini calon kepada calon pegawai diberikan pengetahuan tentang :
• Struktur
organisasi
• Praktek
kerja dengan berbagai keterampilan
• Berlatih
tentang cara pelaksanaan pekerjaan
• Magang;
proses belajar dari seorang atau beberapa orang yang lebih berpengalaman
• Penugasan
tugas sementara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar