Kamis, 28 November 2013

Teori Manajemen Sumber Daya Manusia



Manajemen SDM

•         Perencanaan Kebutuhab SDM
•         Disamping pemasaran, pengelolaan SDM paling penting karena SDM merupakan tulang punggung / motor penggerak dalam menjalankan roda kegiatan operasional bank
•         Kemampuan yang telah dimiliki karyawan harus terus diasah secara terus menerus melalui pengalaman kerja dan pengembangan karyawan
•         Seorang karyawan bank harus memiliki ketrampilan dalam dunia perbankan agar dapat melayani setiap produk yang ditawarkan dengan cepat, tepat dan memuaskan
•         Untuk dapat memiliki karyawan yang profesional, bank harus merancang uraian tugas (job analysis) yang harus dijalankan seorang karyawan, wewenang dan tanggung jawabnya
•         Dalam melakukan rekruitmen SDM tidak boleh dilakukan secara sembarangan; disamping jumlah tenaga yang dibutuhkan juga kualifikasi yang dipersyaratkan
•         Kualitas SDM harus selalu ditingkatkan melalui pelatihan dan pemberian kompensasi yang adil termasuk berbagai fasilitas kesejahteraan karyawan
•         Manajemen SDM merupakan kegiatan pengelolaan SDM melalui kegiatan analisa jabatan,  perencanaan tenaga kerja, rekruitmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan, perencanaan karir, penilaian prestasi, pemberian kompensasi sampai dengan pemutusan hubungan kerja
•         Job analysis mencakup :
•         Job description, mengenai deskripsi / uraian pekerjaan
•         Job Spesification, merupakan spesifikasi atau profil suatu pekerjaan
•         Job Performance Standar, memuat tentang target pelaksanaan dan kriteria keberhasilan kerja

Rekruitmen dan Seleksi
•         Pengertian Rekruitmen merupakan kegiatan untuk menarik sejumlah pelamar agar melamar ke bank dan seleksi merupakan proses pemilihan calon karyawan yang telah direkruit
•         Agar memperoleh tenaga kerja yang benar benar berkualitas maka proses seleksi harus dilakukan dengan sempurna. Semua calon karyawan harus diseleksi tanpa kecuali
•         Dalam praktek pemilihan SDM yang dijadikan sarana rekruitmen adalah :
–        Memilih tenaga kerja melalui surat lamaran yang masuk
–        Melalui karyawan yang sudah bekerja di bank
–        Melalui lembaga pendidikan
–        Melalui iklan
•          Tahap seleksi
–        Seleksi administratif
–        Wawancara pertama
–        Ujian tertulis
–        Wawancara kedua
–        Medical Test
–        Wawancara dengan atasan langsung
–        Keputusan diterima atau ditolak

Pelatihan dan Pengembangan
•         Pelamar yang lulus seleksi berarti yang bersangkutan baru merupakan calon karyawan. Untuk diangkat menjadi karyawan tetap maka calon tersebut harus mengikuti masa percobaan melalui suatu pelatihan dengan jangka waktu 3 bulan, 6 bulann atau 1 tahun tergantung kebutuhan
•         Pelatihan bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada calon pegawai sebelum bekerja. Pelatihan ditujukan untuk membiasakan calon karyawan dalam bekerja. Oleh karena itu selama pelatihan calon pegawai dilatih cara melaksanakan pekerjaan serta memahami visi dan misi bank
•         Dalam masa latihan calon pegawai akan dinilai kemauan dan kemampuannya dalam melakukan pekerjaan, termasuk disiplin dan tanggung jawabnya
•         Dari hasil penilaian pelatihan barulah diputuskan apakah calon pegawai tersebut dapat diangkat menjadi karyawan tetap atau tidak

Presentasi dan Simulasi
•         Teknik presentasi dilakukan dengan model :
•         Perkuliahan
•         Presentasi Video
•         Konferensi
•         Metode Simulasi dilakukan dengan cara :
•         Studi kasus, dengan cara mengeidentifikasi masalah, memilih alternatif penyelesaian dan pengambilan keputusan
•         Role Playing
•         Business games
•         Latihan di laboratorium untuk pekerjaan tertentu
•         Training yang dilakukan dengan pelatih khusus
•         Pelatihan juga diberikan kepada karyawan lama dalam rangka penyegaran dan untuk meningkatkan kemampuannya dalam rangka pengembangan karir dan penentuan kompensasi yang bersangkutan
•         Program pengembangan karir dapat dilakukan melalui :
•         Pendidikan melalui paket khusus yang diberikan oleh lembaga pendidikan yang berpengalaman dibidangnya, misalnya pendidikan komputer, akuntansi, bahasa asing, marketing
•         Mutasi antar bagian, memberikan pengalaman kerja yang baru dan menghindari kejenuhan pekerjaan. Mutasi dapat juga terjadi karena pegawai lalai atau tidak mampu melakukan tugas dengan sempurna
•         Promosi, dengan cara memindahkan karyawan keposisi yang lebih tinggi. Dengan cara ini karyawan merasa dihargai kemampuan dan loyalitas yang telah diberikan pada bank dan motivasi karyawan akan meningkat

Perencanaan Karir
•         Karir adalah jalan kehidupan pekerjaan seorang karyawan selama hidupnya bekerja milai dari saat masuk sampai keluar dari pekerjaan tersebut
•         Bila perusahaan transparan dalam memberikan karir seseorang, yang bersangkutan dapat merancang sendiri karir yang ingin ditempuhnya serta memberikan keuntungan pada perusahaan, antara lain :
–        Mengurangi tingkat turn over karyawan
–        Meningkatkan potensi karyawan dalam bekerja
–        Pengembangan karyawan menjadi lebih mudah
–        Memberikan kepuasan pada karyawan
•         Pengebangan karir dapat dilakukan dengan cara :
–        Meningkatkan prestasi kerja
–        Meningkatkan kesetiaan dan loyalitas pada perusahaan
–        Memiliki mentor
–        Berhenti dan pindah ke perusahaan lain

Penilaian Prestasi Kerja
•         Salah satu usaha untuk pengembangan karir adalah dengan melalui penilaian prestasi kerja yang lazim dilakukan di dalam manajemen SDM
•         Tujuan penilaian prestasi kerja antara lain:
–        Memperbaiki kualitas pekerjaan
–        Memudahkan dalam penempatan / mutasi
–        Perencanaan dan pengembangan karir
–        Kebutuhan pelatihan dan pengembangan
–        Kesempatan kerja yang adil
•         Teknik penilaian prestasi kerja dapat dilakukan melalui :
–        Rating Scale, yaitu membandingkan prestasi kerja karyawan dengan skala tertentu
–        Checlist, yaitu penilaian yang menggambarkan prestasi kerja dan karakteristik karyawan
–        Critical Insident, yaitu menilai perilaku karyawan dalam melaksanakan pekerjaan
–        Test dan Observasi, yaitu test pengetahuan danketerampilan baik secara tertulis maupun melalui peragaan

Metode Pelatihan
•         On the job training
–        Metode ini merupakan pelatihan yang diberikan kepada calon pegawai sambil bekerja dibawah bimbingan seorang Penyelia (Supervisor)
–        Dalam pelatihan ini calon kepada calon pegawai diberikan pengetahuan tentang :
•         Struktur organisasi
•         Praktek kerja dengan berbagai keterampilan
•         Berlatih tentang cara pelaksanaan pekerjaan
•         Magang; proses belajar dari seorang atau beberapa orang yang lebih berpengalaman
•         Penugasan tugas sementara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar