Senin, 18 November 2013

Nyanyian untuk pengamen



Ada sekumpulan  anak SMA di kota kecil yang hampir setiap malam minggu punya acara sendiri ngamen ke bus 1 dan ke bus lainnya. Motivasinya sih jelas, nyari duit buat beli rokok. Maklum mereka ini anak orang miskin. Cuman dapet duit pas hari sekolah, nah hari minggu hari libur sekolah. Libur juga uang sakunya, jalan satu2nya, ya ngamen…
Mereka jelas bukan jago music. Cuman bisa main music dan nyanyi. Tapi mereka cuman bisa menyingir sambil tarik nafas panjang. Yah, namanya juga ngamen. Nggak ada paksaan kan ! di satu rumah di tolak, cari aja rumah lain. Tapi latihan kesabaran itu tetap ada gunanya, buktinya anak2 itu selalu pulang bawa uang yang lumayan.  Setiap orang punya duit buat jajan dan beli rokok 2 bungkus. Hari minggu pun tetap berasap kebuulll…..kebuulllll…..
Prinsip hidup mereka “rezeki yang halal itu ada di perkerjaan yang member manfaa”. Jadi, kalo ada pengamen yang nyanyinya enak, musiknya enak, caranya juga sopan berate rezekinya halal. Soalnya orang2 di buskota ngasih uang karena merasa terhibur. Sebaliknya, pengamen yang suaranya sember dan minta duitnya memaksa, jangan harap dapat rezeki halal, rezekinya adalah “rezeki sumpah serepah”.
Dan yang paling gw benci itu pengamen yang Cuma modal keplok2 sama suara sember. Kita udah berdiri kepanasan berdesakan, masih disuruh dengerin nyanyian yang nggak karuan, eh masih dipaksa ngasih recehan lagi buat gangguan itu. Ini sih bukan pengamen, melainkan pengemis paksa. Pengamen2 profesional biarpun rezekinya masih amatiran mereka selalu berusaha memainkan kemampuannya menghibur prang. Tinggal tunggu nasib baik aja untuk sukses. Iwan fals itu contohnya suaranya enak, main gitarnya merdu, plus bisa captain lagu sendiri. Terus kaya almarhum harry roesli dan ully sigar rusadhy itu sahabat pengamen . mereka ber2 turun ke jalan untuk ngumpulin pengamen, lantas diajari main music yang benar. Terus slank juga sahabat pengamen lagu2nya jadi bahan ngamen, markasnya dipotlot juga selalu terbuka buat para pengamen.
Tapi artis2 ini cuman bisa membantu. Kunci sukses pengamen ada di tangan pengamen itu sendiri. Omong kosong kalo pengamen bisa sukses hanya  dengan bantuan orang lain. Mereka cuman membantu membukakan jalan . yang harus menjalani ya tetap para pengamen itu.
Jalan sukses hanya ada di kekuatan dan kerja keras. Sedangkan musisi, penyanyi, pemusik yang sudah jadi bintang saja masih terus kerja keras, apalagi yang baru memulai perjalanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar