Jumat, 22 November 2013

Selamatkan hutan Indonesia


                    Setiap tahunnya Indonesia mengalami kerusakan hutan hingga 2,8 hektar atau bahkan lebih dari itu luas ini sama besarnya  dengan enam kali luas lapangan sepak bola tiap menitnya, atau lima kali luas pulau bali tiap tahunnya. Akibatnya kini Indonesia telah kehilangan ¾ luas kawasan hutan alamnya dan dari jumlah tersebut 40% nya telah hilang sama sekali. Keadaan ini bisa terjadi akibat penebangan hutan skala besar oleh pihak perusahaan hak pengusahaan  hutan, pembukaan areal hutan tanaman industry untuk industry kertas dan perkebunan kelapa sawit, pembangunan gedung tinggi dsb. Kebakaran hutan yang di akibatkan oleh pembukaan lahan serta peraktek-praktek illegal loging oleh para mafia kayu yang telah merugikan Negara sebesar 41 triliun bahkan lebih dari itu setiap tahunnya. 
            Kondisi ini tidak bisa kita biarkan, karena itu greenpeace mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk segera berperan  serta aktif dalam menyelamatkan hutan Indonesia dengan menjadi forest defenders Indonesia. Forest defenders Indonesia merupakan salah satu focus kampanye hutan yang dilakukan oleh greenpeace dalam upaya penyelamatan hutan Indonesia, tujuan dari forest defenders Indonesia adalah membangun kesadaran serta memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia tentang kondisi hutan Indonesia yang sekarat serta pentingnya sikap peduli terhadap usaha-usaha penyelamatan hutan Indonesia, dan yang menjadi target dari kampanye ini adalah seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang sadar dan bedrtanggung jawab akan haknya untuk mendapatkan lingkungan yang lebih sehat.
            Hal yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia adalah mendatangi langsung petisi ini yang kemudian akan digunakan untuk menekan pemerintah Indonesia agar menghentikan kebijakan-kebijakan yang selama ini mendukung terjadinya perusakan terhadap hutan Indonesia. Adapun tuntunannya
1.       Menghentikan penebangan hutan skala besar di Indonesia
2.      Pencabutan semua ijin konesi  hak pengusaha hutan di Indonesia
3.      Penghentian konversi lahan hutan untuk keperluan kelapa sawit dan industry kertas Indonesia.
4.     Penghentian kebakaran  hutan dan lahan
5.      Rehabilitasi kawasan hutan Indonesia yang telah rusak.
Mengingat pentingnya peranan hutan alam bagi kehidupan kita umat manusia, sudah saatnya kita tidak tinggal diam, mari bersama-sama kita berjuang untuk menyelamatkan hutan Indonesia demi kita dan masa depan anak cucu kita. Greenpeace adalah organisasi kampanye internasional independen  yang menggunakan konfrontasi kreatif tanpa kekerasan untuk menyoroti masalah-masalah lingkungan global dan memaksakan solusi yang penting bagi masa depan hijau dan damai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar