Sabtu, 16 November 2013

Pengertian manajemen pendidikan


Secara khusus dalam konteks pendidikan, Djam’an Satori (1980) memberikan pengertian manajemen pendidikan dengan menggunakan istilah administrasi pendidikan yang diartikan sebagai “keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien”. Sementara itu, Hadari Nawawi (1992) mengemukakan bahwa “administrasi pendidikan sebagai rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu terutama berupa lembaga pendidikan formal”.
Meski ditemukan pengertian manajemen atau administrasi yang beragam, baik yang bersifat umum maupun khusus tentang kependidikan, namun secara esensial dapat ditarik benang merah tentang pengertian manajemen pendidikan, bahwa :
 (1) manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan;
(2) manajemen pendidikan memanfaatkan berbagai sumber daya
(3) manajemen pendidikan berupaya untuk mencapai tujuan tertentu.
Mengadaptasi pengertian manajemen dari para ahli dapat dikemukakan bahwa manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan serta penilaian (evaluasi) usaha pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Sedangkan pendidikan menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan merupakan proses pengubahan sikap dan tingah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Manajemen pendidikan adalah suatu penataan bidang garapan pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pembinaan, pengkoordinasian, pengkomunikasian, pemotivasian, penganggaran, pengendalian, pengawasan, penilaian dan pelaporan secara sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan secara berkualitas/bermutu. Manajemen pendidikan lebih menekankan pada upaya seorang pemimpin dalam menggerakkan bawahan mengelola sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan pendidikan secara efisien dan efektif. Pengertian ini lebih bersifat operasional yang mengarah kepada pemanfaatan sumber daya yang tersedia dalam mencapai tujuan yang ditetapkan
Manajemen pendidikan adalah satu cabang ilmu yang usianya relatif tetap muda hingga tidaklah aneh jika banyak yang belum mengetahui. Arti lama yang kerap dipakai yaitu ‘administrasi’. Untuk memperjelas pengertian manajemen, tampaknya butuh ada penjelasan lain yang lebih beragam mengenai arti manajemen.
Manajemen
pendidikan didalam kamus bhs belanda-indonesia dijelaskan bahwa arti manajemen datang dari “administratie” yang bermakna tata-usaha. Didalam pengertian manajemen tersebut, administrasi menunjuk pada pekerjaan catat-menulis di kantor. Pengertian inilah yang mengakibatkan munculnya perumpamaan-contoh keluhan kelambatan manajemen yang telah disinggung, dikarenakan manajemen dibatasi lingkupnya sebagai pekerjaan catat-menulis. Pengertian lain dari “manajemen” datang dari bhs inggris “administration” sebagai “the management of executive affairs”. Dengan batasan pengertian layaknya ini maka manajemen disinonimkan dengan “management” satu pengertian didalam lingkup yang lebih luas ( encyclopedia americana, 1978, p. 171 ). Didalam pengertian manajemen pendidikan ini, manajemen tidak cuma pengaturan yang berkenaan dengan pekerjaan catat-menulis, namun pengaturan didalam makna luas.

SUMBER
HTTP//men-penid.shvoong.com/social-sciences/educztion/2266380-definisi-manajedidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar